Pengamat Sarankan Tips Ini Agar Indonesia Mampu Hadapi Tekanan Ekonomi Global Jelang Isu Resesi 2023

- Rabu, 23 November 2022 | 08:10 WIB
Pengamat sarankan hal ini untuk hadapi tekanan ekonomi global dalam rangka isu resesi 2023. (Foto: Unsplash.com/Falaq Lazuardi)
Pengamat sarankan hal ini untuk hadapi tekanan ekonomi global dalam rangka isu resesi 2023. (Foto: Unsplash.com/Falaq Lazuardi)

About Malang, 23 November 2022 - Pengamat ekonomi yang juga Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah mengatakan bahwa tips ini bikin Indonesia mampu hadapi tekanan ekonomi global jelang isu resesi 2023.

Hal tersebut disampaikan Piter Abdullah saat berbincang Selasa, 22 November 2022 kemarin.

Menurutnya, pemerintah belum perlu melakukan extra effort, menambah kebijakan terkait beratnya prospek perekonomian global.

Baca Juga: Rangkaian KTT G20 Bali, Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan RRT Lakukan Kerja Sama Ekonomi Digital

Ia lebih menitikberatkan kepada kebijakan pemerintah yang sudah ada harus mampu diterapkan dengan baik demi menjaga perekonomian dalam negeri.

“Namun bagaimana menjaga perekonomian domestik tidak terganggu, karena ekonomi domestik sedang mengalami pemulihan. Dan di tengah kondisi global, andalan kita adalah permintaan domestik, pasar dalam negeri, jangan sampai ada gangguan,” jelas Piter.

Adapun pernyataan Presiden Joko Widodo untuk berhati-hati dalam membuat kebijakan, kemudian Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo adalah sebagai peringatan.

Baca Juga: Di B20 Summit Jokowi Sebut 3 Strategi Ini untuk Pertumbuhan Ekonomi Dunia, Apa Saja?

“Tidak ada pejabat yang mengatakan kita akan alami resesi, kondisi yang suram. Namun ada kesamaan pandangan bahwa kita harus hati-hati. Kondisi global memang berat jadi kita harus hati- hati. Karena bagaimanapun kita bisa terdampak jika tidak mengambil keputusan yang benar,” ujar Piter.

Halaman:

Editor: Arvendo Mahardika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X