Tata Cara dan Doa Sholat Gerhana, Simak Penjelasan Berikut

- Selasa, 8 November 2022 | 20:15 WIB
Di bawah ini akan dijelaskan terkait tata cara dan doa sholat gerhana. (Foto : kemenagpolman.id)
Di bawah ini akan dijelaskan terkait tata cara dan doa sholat gerhana. (Foto : kemenagpolman.id)

About Malang, 8 November 2022 – Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menjelaskan bahwa pada tanggal 8 November 2022 jam 18.00 WIB akan terjadi gerhana bulan total. Penjelasan terkait tata cara dan doa sholat gerhana menjadi pembahasan yang menarik.

Ada sebuah sunnah saat terjadi gerhana bulan bagi kaum muslim dan mengetahui tata cara doa dan sholat gerhana menjadi hal sunnah yang baik jika diketahui.

Berkaitan dengan adanya fenomena antariksa ini maka simak penjelasan berikut terkait tata cara dan doa sholat gerhana.

Baca Juga: 8 November 2022 Ada Gerhana Bulan, Simak Tata Cara Shalat Gerhana Bulan Sesuai Tuntunan Rasulullah

Dilansir dari situs resmi kemenag.go.id bahwasannya anjuran Islam saat terjadi gerhana adalah dari hadis berikut.

حَدَّثَنَا أَبُو الوَلِيْد قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ قَالَ حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ عِلَاقَةِ قَالَ سَمِعْتُ الْمُغِيْرَةُ بْنِ شُعْبَةِ يَقُوْلُ اِنْكَسَفَتْ الشَّمْسُ يَوْمَ مَاتَ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ النَّاسُ اِنْكَسَفَتْ لِمَوْتِ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَأَيَتَانِ مِنْ أَيَاتِ اللهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُواهُمَا فَادْعُوا اللهِ وَصَلّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Telah menceritakan kepada kami, Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami, Zaidah berkata, telah menceritakan kepada kami, Ziyad bin ‘Ilaqah, dia berkata: “Aku mendengar Al-Mughirah bin Syu’bah berkata, “Telah terjadi gerhana matahari ketika wafatnya Ibrahim. Kemudian Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan ia tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka berdoalah kepada Allah dan dirikan salat hingga (matahari) kembali tampak.” (H.R. Al-Bukhari)

Baca Juga: Hari Ini Gerhana Bulan Total, Berikut Beberapa Sumber Info Tentang Fenomena Antariksa

Lebih lanjut lagi Nabi Muhammad SAW menyampaikan ilmu terkait tuntunan syairat yang mulia ketika terjadi gerhana bulan maupun gerhana matahari dengan sholat sunnah yang tata caranya ialah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Arvendo Mahardika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X