• Minggu, 28 November 2021

Hari Guru, Ini Kisah Jenderal Sudirman yang Pernah Berprofesi sebagai Guru

- Kamis, 25 November 2021 | 08:40 WIB
Jenderal Sudirman.  (Dok. Soedirman.pahlawan.perpusnas.go.id)
Jenderal Sudirman. (Dok. Soedirman.pahlawan.perpusnas.go.id)

About Malang, 25 November 2021 - Tahukah Anda jika pahlawan nasional Jenderal Sudirman pernah berprofesi sebagai guru? Tak tanggung-tanggung, kariernya cukup moncer hingga menjadi kepala sekolah, lho. Begini sejarahnya.

Sudirman sempat belajar selama satu tahun di Kweekschool (sekolah guru) yang dikelola oleh Muhammadiyah di Surakarta, tetapi berhenti karena kekurangan biaya.

Setelah itu, pada usia 19 tahun, Sudirman menjadi guru praktik di Wirotomo, sekolahnya ketika SMP.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Terima Kasih Cikgu' Upin Ipin, Lagu Alternatif Unik untuk Rayakan Hari Guru Nasional

Pada 1936, ia kembali ke Cilacap dan mengajar di sebuah sekolah dasar Muhammadiyah, setelah dilatih oleh guru-gurunya di Wirotomo, meskipun ia tidak memiliki ijazah guru.

Sebagai guru, Sudirman dikenal sebagai guru pelajaran moral yang menggunakan contoh dari kehidupan para rasul dan kisah wayang tradisional.

Dikutip dari buku Sardiman, salah seorang muridnya menyatakan bahwa Sudirman adalah guru yang adil dan sabar yang akan mencampurkan humor dan nasionalisme dalam mengajarkan mata pelajaran yang ia ampu.

Baca Juga: LINK DOWNLOAD Pidato Mendikbudristek di Hari Guru Nasional 2021, Apresiasi Semangat Guru yang Tak Pernah Padam

Hal ini membuat Sudirman makin populer di kalangan muridnya, karena dikenal sebagai guru yang humoris.

Halaman:

Editor: Arvendo Mahardika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X